San Roque, Kota Wisata di Selatan Spanyol

San Roque, Kota Wisata di Selatan Spanyol

San Roque, Kota Wisata di Selatan Spanyol – San Roque adalah sebuah kota kecil dan munisipalitas di selatan Spanyol. Ini adalah bagian dari provinsi Cádiz, yang pada gilirannya merupakan bagian dari komunitas otonom Andalusia. San Roque terletak tidak jauh dari pedalaman sisi utara Teluk Gibraltar, tepat di sebelah utara semenanjung Gibraltar.

San Roque, Kota Wisata di Selatan Spanyol

consorciobertiz – Kotamadya ini memiliki luas total 145 km2 dengan populasi sekitar 25.500 orang, pada tahun 2005. Namanya adalah bahasa Spanyol untuk Saint Roch, seorang santo Kristen yang dihormati di sebuah kuil yang berasal dari tahun 1508 yang mendahului berdirinya kota tersebut. Daerah di sekitar San Roque telah dihuni sejak zaman prasejarah.

Baca Juga : Chiclana de la Frontera, Kota Wisata Munisipalitas di Barat Daya Spanyol

Pemukiman tertua yang diketahui di dalam kotamadya adalah kota Carteia yang hancur, yang didirikan oleh bangsa Fenisia. Itu menjadi pos perdagangan Fenisia dan berkembang menjadi kota Kartago pada 228 SM. Perdagangan utamanya adalah anggur lokal dan garum atau salazon, saus berbahan dasar ikan.

Carteia ditangkap oleh Roma pada tahun 206 SM. Beberapa tahun kemudian, pada 171 SM, anak-anak tentara Romawi kelahiran Iberia muncul di hadapan Senat Romawi untuk meminta kota tempat tinggal, dan diberi Carteia, bernama Colonia Libertinorum Carteia.

Setelah kejatuhan Roma, kaum Vandal secara singkat memantapkan diri. di daerah itu sampai 428 sebelum mereka memulai penaklukan Afrika Utara, melalui armada invasi melintasi Selat Gibraltar. Visigoth menggantikan mereka sekitar abad ke-6. Kekaisaran Bizantium melakukan serangan ke Andalusia antara tahun 554 dan 626, menduduki Carteia selama beberapa tahun, sebelum akhirnya diusir oleh Visigoth.

Pada tahun 711, Carteia dan daerah sekitarnya menjadi tempat berpijak penaklukan Umayyah di Semenanjung Iberia yang dipimpin oleh Tariq ibn Ziyad. Alfonso XI dari Kastilia menguasai wilayah tersebut dengan mengalahkan tentara Muslim Merinid pada abad ke-14. Selama beberapa abad berikutnya, penduduk secara bertahap Hispanik dan Kristenisasi.

Pada 1649 seperempat dari populasi Gibraltar binasa karena penyakit epidemi. Sejumlah warga mundur ke daerah San Roque, dan selamat dari wabah, diyakini tifus. Pemukiman modern San Roque didirikan oleh mantan penduduk Spanyol di Gibraltar, setelah mayoritas melarikan diri menyusul pengambilalihan oleh pasukan Inggris-Belanda dan sekutu Spanyol mereka selama Perang Suksesi Spanyol pada tahun 1704.

Pembentukan menjadi kota baru pada tahun 1706, yang disapa oleh Raja Philip V dari Spanyol sebagai “Kota saya penduduk Gibraltar di Campo-nya” dan “Kekasihku yang baik”, karena tetap setia pada tujuannya selama Perang Suksesi.

Dewan Kota Gibraltar, spanduk dan catatan dipindahkan ke sana. Moto resmi San Roque adalah “Kota San Roque yang Sangat Mulia dan Sangat Setia, tempat Gibraltar tinggal” (Bahasa Spanyol: Muy Noble y Muy Leal ciudad de San Roque, donde residence la de Gibraltar). Pada tahun 1873, selama Republik Pertama Spanyol, kota ini mendeklarasikan kemerdekaannya sebagai Kanton San Roque selama beberapa bulan.

Setiap kotamadya membentuk bagian dari provinsi yang pada gilirannya membentuk sebagian atau seluruh komunitas otonom (total 17 ditambah Ceuta dan Melilla): beberapa komunitas otonom memiliki subdivisi tingkat kedua tambahan, seperti comarcas (distrik) atau mancomunidades (persemakmuran). Ada total 8.118 munisipalitas di Spanyol, termasuk kota otonom Ceuta dan Melilla.

Di Principality of Asturias, kotamadya secara resmi bernama concejos (consulta). Populasi rata-rata sebuah kotamadya adalah sekitar 5.300, tetapi angka ini menutupi sejumlah besar: kotamadya Spanyol terpadat adalah kota Madrid, dengan populasi 3.141.991 (2015), sementara beberapa kota pedesaan memiliki kurang dari sepuluh penduduk (Villarroya, La Rioja, memiliki populasi delapan pada tahun 2015).

Luas wilayah munisipal (bahasa Spanyol: término munisipal) biasanya berkisar 2–40 km2, tetapi munisipal seperti Tremp (Lleida) mencakup lebih dari 300 km2. Organisasi kotamadya diatur oleh undang-undang 2 April 1985, diselesaikan dengan dekrit kerajaan 18 April 1986. Statuta Otonomi dari berbagai komunitas otonom juga memuat ketentuan tentang hubungan antara kota dan pemerintah otonom.

Secara umum, kotamadya menikmati tingkat otonomi yang besar dalam urusan lokal mereka: banyak fungsi comarcas dan provinsi adalah kekuatan kotamadya yang disatukan. Badan pemerintahan di sebagian besar kotamadya disebut ayuntamiento (dewan kota atau korporasi), sebuah istilah yang sering juga digunakan untuk merujuk ke markas kotamadya (balai kota/kota).

Ayuntamiento terdiri dari walikota (Spanyol: alcalde), wakil walikota (Spanyol: tenientes de alcalde) dan majelis musyawarah (pleno) anggota dewan (concejales). Bentuk lain dari pemerintahan lokal yang digunakan di kota kecil adalah concejo abierto (dewan terbuka), di mana majelis musyawarah dibentuk oleh semua pemilih di kotamadya.

Tempat wisata utama

Kapel Saint Roch Baru (Sp.: Ermita de San Roque) didirikan pada tahun 1801. Gayanya neoklasik. Kuil ini menampung patung Saint Roch. Pada minggu keempat bulan April setiap tahun, sebuah prosesi diadakan untuk menghormati santo, dengan orang-orang membawa gambarnya di atas kendaraan hias. Patung itu kemudian dibawa dari kuil ke hutan pinus Pinar del Rey di dekatnya dan kembali.

Selama Perang Kemerdekaan Spanyol, Kapel Saint Roch digeledah oleh pasukan Napoleon dan patung bersejarah santo dihancurkan. Gambar itu digantikan pada tahun 1833 oleh yang baru yang disumbangkan oleh seorang kapten tentara dari San Roque bernama Juan Rojas, yang ditempatkan di Seville. Saat itu kota ini sedang dilanda wabah kolera, sehingga Kapten Rojas bersumpah untuk membuat patung itu sendiri jika ia dan keluarganya sembuh dari penyakit tersebut.

Ini memang terjadi dan gambar baru Saint Roch disumbangkan ke gereja oleh Rojas. Gereja paroki, Gereja Santa María La Coronada, ditahbiskan menjadi Santa Maria yang Dimahkotai dan dinyatakan sebagai bangunan terdaftar pada tahun 1974. Bangunan utama berasal dari abad ke-18 dan menampilkan arsitektur Spanyol-Tuscan dan karya seni Barok.

Pekerjaan dimulai pada tahun 1735 untuk pembangunan sebuah gereja di atas fondasi Kapel Saint Roch tahun 1508. Istana Gubernur (Spanyol: Palacio de los Gobernadores), yang menampung galeri seni kota “Luis Ortega Bru”, juga terletak di alun-alun yang sama. Bar tertua di kota ini adalah Bar Torres, bersebelahan dengan alun-alun pusat. Kakak Mathew Arnold dimakamkan di San Roque. Kegiatan ekonomi utama adalah pariwisata dan manufaktur.

Kilang CEPSA Gibraltar-San Roque Kilang CEPSA Gibraltar-San Roque (Spanyol: Refinería de Gibraltar-San Roque), dibangun pada tahun 1967, terletak di Kawasan Industri Guadarranque. Ini adalah yang terbesar di Semenanjung Iberia, dengan kapasitas pemrosesan harian minyak mentah 240.000 barel per hari.

Klub San Roque Lokal merupakan sumber pariwisata yang penting. Sotogrande adalah resor pantai dan golf eksklusif yang terletak di kotamadya. Pantai Campamento dan Puente Mayorga, meskipun tidak lagi sepopuler di tahun enam puluhan karena aktivitas industri di dekatnya, dekat dengan kota San Roque, menghadap ke Teluk Gibraltar.

Feria Real de San Roque

Baca Juga : Maribor, Kota Wisata Yang Sangat Indah di Slovenia

Feria Real de San Roque (Pameran Kerajaan San Roque dalam bahasa Inggris), adalah pekan raya jalanan tahunan utama di kota ini, yang diadakan pada hari Selasa kedua bulan Agustus. Pameran dimulai dengan upacara penobatan ratu remaja dan anak-anak dan pengadilan masing-masing, meskipun tribun dan atraksi yang terletak di Fairground El Ejido tidak dibuka sampai hari Rabu, hari iring-iringan perdana.

Royal Fair ditutup pada hari Minggu malam dengan pertunjukan kembang api dan pada jam 7 pagi pada hari Senin dengan Running of the Bulls yang dikenal secara lokal sebagai Toro del Aguardiente yang telah terjadi setiap tahun sejak 1649, disebut sebagai peserta yang ketakutan diberi suntikan semangat alkohol yang kuat ‘Aguardiente’ untuk keberanian, sebelum berlari dengan banteng ke arena adu banteng San Roque, menandai akhir pekan raya.