Sejarah Dari Empuries, Tempat Wisata Kota Tua di Negara Spanyol

Sejarah Dari Empuries, Tempat Wisata Kota Tua di Negara Spanyol

Sejarah Dari Empuries, Tempat Wisata Kota Tua di Negara Spanyol – Empuries didirikan di sebuah pulau kecil di mulut sungai Fluvia, di wilayah yang dihuni oleh Indigetes (saat ini, mulut Fluvia berjarak sekitar 6 km ke utara). Kota ini dikenal sebagai Palaiapolis, “kota tua” ketika, menjelang 550 SM, penduduk pindah ke daratan, menciptakan Neapolis, “kota baru”.

Sejarah Dari Empuries, Tempat Wisata Kota Tua di Negara Spanyol

consorciobertiz – Setelah penaklukan Phocaea oleh raja Persia Cyrus II pada tahun 530 SM, populasi kota baru meningkat pesat melalui masuknya pengungsi. Dalam menghadapi tekanan kuat dari Carthage, kota ini berhasil mempertahankan karakter Hellenic independennya.

Baca Juga :  6 Wisata Paling Recommended di Spanyol

Kesepakatan politik dan komersial diakhiri dengan penduduk asli yang lama menetap di kota Indika terdekat. Terletak di rute komersial pesisir antara Massalia (Marseille) dan Tartessos di ujung selatan Hispania, kota ini berkembang menjadi pusat ekonomi dan komersial besar serta menjadi koloni Yunani terbesar di Semenanjung Iberia.

Selama Perang Punic, Empuries beradu diri dengan Roma, dan Publius Cornelius Scipio memulai penaklukan Hispania dari kota ini pada tahun 218 SM. Setelah penaklukan Hispania oleh Romawi, Empuries tetap menjadi negara kota yang merdeka. Namun, dalam perang saudara antara Pompey dan Julius Caesar, ia memilih Pompey, dan setelah kekalahannya dilucuti otonominya.

Kolonia veteran Romawi, bernama Emporiae, didirikan di dekat Indika untuk mengendalikan wilayah tersebut. Sejak saat itu dan seterusnya, Empúries mulai menurun, dikaburkan oleh kekuatan Tarraco (Tarragona) dan Barcino (Barcelona). Pada akhir abad ke-3 menjadi salah satu kota pertama di Spanyol yang mengakui penginjil Kristen.

Pada abad itu juga, kota Yunani ditinggalkan sementara kota Romawi bertahan sebagai pertapaan dan kursi upacara sebagian besar dari sebuah kabupaten pesisir, Castello d’Empuries, sampai serangan Viking pada pertengahan abad ke-9. Coinage dimulai lagi di bawah hitungan Hugh II dari Empuries

Orang-orang Yunani timur ini, yang didirikan di pantai Prancis selatan, berada dalam hubungan dekat dengan penduduk Celtic di wilayah itu, dan selama akhir abad ke-6 dan ke-5 SM artefak Yunani menembus ke arah utara di sepanjang lembah Rhône dan Saone serta Isere.

Tembikar monokrom abu-abu Massalia telah ditemukan di Pegunungan Alpen Hautes dan sejauh utara Lons-le-Saunier, serta panah perunggu bersayap tiga sejauh Perancis utara, dan amphorae dari Marseille dan tembikar Loteng di Mont Lassois. Situs Vix di Burgundy utara adalah contoh terkenal dari pemukiman Hallstatt di mana benda-benda Mediterania tersebut dikonsumsi, meskipun dalam jumlah kecil. Beberapa, seperti Krater Vix yang terkenal, spektakuler di alam.

Dari Massalia, perdagangan maritim juga berkembang dengan Languedoc dan Etruria, dan dengan kota Yunani Emporiae di pantai Spanyol. Massalia diperdagangkan setidaknya sejauh Gades dan Tartessus di pantai barat semenanjung Iberia, seperti yang dijelaskan dalam Periplus Massaliote, meskipun perdagangan ini mungkin diblokir oleh Carthaginians di Pilar Hercules setelah 500 SM.

Kota induk Phocaea pada akhirnya akan dihancurkan oleh orang Persia pada tahun 545, semakin memperkuat eksodus Phocaean ke pemukiman mereka di Mediterania Barat. Hubungan perdagangan sangat luas, dalam besi, rempah-rempah, gandum dan budak. Telah sering diklaim bahwa perdagangan timah, sangat diperlukan untuk pembuatan perunggu, tampaknya telah didirikan pada waktu itu antara Cornwall di Inggris modern, melalui Selat, dan di sepanjang lembah Seine, Burgundy dan lembah Rhône-Saône ke Marseille. Namun, bukti untuk ini lemah, paling baik.

Meskipun lokasi kota yang tepat dikenal sejak abad ke-15, baru pada abad ke-20 penggalian sistematis dilakukan. Penggalian resmi pertama dimulai pada tahun 1908 dan dipegang oleh Junta de Museus de Barcelona dan disutradarai oleh Emili Gandia i Ortega di bawah instruksi Josep Puig i Cadafalch dan Pere Bosch-Gimpera. Penggalian ini masih berlangsung.

Palaiapolis

Pulau tempat Palaiopolis terletak sekarang menjadi bagian dari daratan utama dan merupakan situs desa mediaeval Sant Marti d’Empuries. Bekas pelabuhan telah berdingin juga. Hampir tidak ada penggalian telah dilakukan di sini. Setelah didirikannya Neapolis, kota tua tampaknya berfungsi sebagai akropolis (benteng dan kuil). Strabo menyebutkan sebuah kuil yang didedikasikan untuk Artemis di situs ini.

Neapolis

Neapolis terdiri dari kantor polisi berdinding dengan rencana tanah tidak teratur 200 kali 130 m. Dinding dibangun, dan berulang kali dimodifikasi pada periode dari abad ke-5 hingga ke-2 SM. Di sebelah barat dinding memisahkan Neapolis dari kota Iberia Indika. Di bagian barat daya kota ada berbagai kuil, menggantikan yang lebih tua ke Artemis, seperti kuil ke Asclepius, di mana patung marmer ditemukan.

Di bagian tenggara adalah kuil ke Zeus-Serapis. Mayoritas bangunan yang digali termasuk dalam periode Hellenistic. Selain rumah, beberapa di antaranya dihiasi dengan mosaik dan wallpainting, sejumlah bangunan umum telah terungkap, seperti yang ada di agora dan lalat pelabuhan. Pada periode Romawi, thermae dan basilika palaeochristian dibangun. Di selatan dan timur kota baru adalah daerah yang berfungsi sebagai nekropolis.

Kota Romawi

Hanya sekitar 20% dari kota Romawi yang telah digali. Kota ini memiliki tata letak orthogonal khas kamp-kamp militer Romawi, dengan dua pertemuan jalan utama di forum. Kota Romawi jauh lebih besar dari yang Yunani. Selama periode Republik, sebuah kuil dibangun didedikasikan untuk Capitoline Triad: Jupiter, Juno, dan Minerva.

Selama masa pemerintahan kaisar Augustus, basilika dan curia ditambahkan. Di bagian timur kota sejumlah rumah besar telah digali, dengan halaman dalam, banyak lampiran, mosaik lantai, dan lukisan. Pada abad ke-2 kota ini dikelilingi oleh dinding tanpa menara. Amfiteater dan palaestra dibangun di luar dinding.

Orang Yunani dan Iberia Awal (abad ke-6–3 SM)

Reruntuhan rumah peristyle dari periode Yunani Empuries penguburan terletak di sisi selatan dan barat Neapolis. Sektor barat diduduki oleh apa yang disebut nekropolis dinding timur laut. Inhumasi (Yunani) mendominasi sementara sepertiga penguburan adalah kremasi (Iberia).

Republik Akhir (abad ke-2-1 SM)

Nekropolis kuno tetap digunakan dengan inhumasi dan kremasi, mungkin Yunani dan pribumi dari Neapolis. Kremasi mendominasi dalam kelompok lain, mungkin berasal dari Romawi, yang pemakamannya terletak di sisi utara bukit tetangga Les Corts, yang terletak di barat daya kota. Nekropolis ini digunakan terutama selama abad ke-2 dan ke-1 SM. Arkeolog menemukan gundukan kecil yang dibangun dengan balok batu persegi dengan sisa-sisa kremasi di tengah.

Kekaisaran Romawi Awal (abad ke-1 SM – abad ke-2 Masekan)

Tidak ada penguburan yang ditemukan dengan jelas dari kuartal kedua abad ke-1 SM sampai pemerintahan Augustus (sekitar 35 tahun). Penguburan kremasi kemudian mendominasi sampai pemerintahan Kaisar Flavian (pada akhir abad ke-1 Masekan) di sekitar lereng bukit di mana kota Romawi berada. Ritual penguburan berubah pada abad ke-2 Masekan, dengan hanya penyimpangan yang ditemukan.

Kekaisaran Romawi akhir (abad ke-3 – ke-6)

Kronologi tepat terhambat oleh minimnya barang kuburan di makam. Seluruh wilayah kota Yunani kuno dipenuhi dengan penguburan yang tidak manusiawi, mungkin terkait dengan penyembah basilika Kristen awal atau Cella Memoria, yang terletak di sana. Penguburan juga ada di banyak nekropolis kuno pada masa-masa sebelumnya (sebagai Bonjoan, digunakan selama seribu tahun) dan yang baru. Ada kemungkinan mereka terkait dengan villae Romawi yang terletak di dekat mereka. Ada monumen El Castellet dan makam terdekat.

Baca Juga : Awal Sejarah Dari Haikou, Tempat Wisata Terbaik

Museum Arkeologi Catalonia

Cabang Museum Arkeologi Catalonia di Empúries (MAC-Empúries) menawarkan pengunjung pengalaman yang mendebarkan dan memperkaya dalam kontak langsung dengan sisa-sisa arkeologi di sana. Kunjungan ke kota Yunani dan kota Romawi dilengkapi dengan tur melalui museum, yang menampilkan tujuan perwakilan dari sejarah situs yang telah ditemukan dalam lebih dari 100 tahun penggalian di Empúries. Museum ini memiliki fasilitas parkir mobil yang bagus dan situs ini dapat dicapai dengan berjalan kaki pantai bebas lalu lintas dari L’Escala.